Kontak/WA: 0823-2448-5660

Email: sahabat@maswidad.com

Pemuda NU Sepakat Tangkal Radikalisme

Seminar dengan tema “Antisipasi Perkembangan Radikalisme di Kalangan Generasi Muda” digelar di Gedung NU Rembang, akhir pekan lalu. Kegiatan seminar tersebut dihadiri oleh lebih dari 100 pemuda yang berasal dari Perguruan Tinggi di Kabupaten Rembang.

Koordinator Jaringan Alumni Muda PMII Rembang Muhammad Widad mengungkapkan, seminar tersebut digelar sebagai antisipasi terhadap radikalisme. Sasaran utamanya para generasi muda.

“Perlu upaya segera untuk mengantisipasi meluasnya paham radikal terutama di kalangan pemuda. Kalangan pemuda merupakan salah satu sasaran dari kelompok radikal,” jelasnya.

Beberapa tokoh di Rembang yang memiliki pemahaman luas mengenai radikalisme dan terorisme diundang untuk menyampaikan gagasan dan pandangannya kepada para peserta. Diantaranya ada KH Ubaidilah Achmad dan KH Adib Bisri Hattani.

Pada kesempatan tersebut, KH Ubaidilah Achmad mengungkapkan pada dasarnya paham radikal tidak salah. Yang kemudian menjadi masalah adalah ketika radikal dijadikan sebagai ideologi. Sehingga membuat seseorang merasa eksklusif dan tak mau menerima adanya perbedaan dari kelompok lain.

”Radikal yang dipahami sebagai ideologi berpotensi mengancam keutuhan NKRI. Oleh sebab itu diperlukan upaya untuk melawan bersama-sama,” jelasnya.

Sementara itu, KH Adib Bisri Hattani mengungkapkan pentingnya peran generasi muda dalam menangkal radikalisme. Terutama para pemuda NU. Mereka diharapkan bisa melanjutkan perjuangan para ulama dalam menjaga keutuhan NKRI.

(ks/lid/ali/top/JPR)

Sumber : https://radarsemarang.com/2018/07/02/pemuda-nu-sepakat-tangkal-radikalisme/

Tulis Komentar